TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN LANJUTAN
GREEN ADVERTISING
NAMA KELOMPOK :
1)
GINA
NOVIANA YUNIAR (A10110296)
2)
ETIKA
DIANA RISKIANTI (A10110297)
3)
SARIFAH
AINI (A10110298)
SEKOLAH TINGGI ILMU
EKONOMI (STIE) EKUITAS
Jalan P. H. H. Mustofa No.31, Telp.(022) 7276323
Bandung
GREEN
ADVERTISING
Green
marketing bukanlah melihat profit sebagai satu-satunya tujuan perusahaan,
tetapi ada tambahan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan memberi kepuasan
kepada konsumen.
Konsep green marketing
sudah diperkenalkan oleh Bell dan Emeri, serta Feldman sejak tahun 1971, yang
menyatakan konsep pemasaran telah salah penempatan, karena hanya sebatas
memuaskan keinginan konsumen tapi dengan mengabaikan kepentingan masyarakat dan
lingkungan dalam jangka panjang
Peattie pada tahun 1995
mendefinisikan green marketing sebagai proses manajemen holistik yang
bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan
keinginan konsumen dan masyarakat dengan jalan yang menguntungkan dan
berkelanjutan (Karna, Hansen dan Juslin 2001).
Sementara Polonsky
(1994), menyatakan bahwa green marketing merupakan seluruh aktivitas yang
didesain untuk menghasilkan dan memfasilitasi semua perubahan yang diharapkan
dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia, dengan dampak minimal pada
perusakan lingkungan alam. Hal ini terjadi akibat pemenuhan kebutuhan dan
keinginan manusia memiliki potensi untuk menimbulkan dampak negatif pada
lingkungan alam.
1)
organisasi
atau perusahaan melalui aktivitas pemasarannya berusaha memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen,
2)
aktivitas
pemasaran ini dilaksanakan dengan cara yang lebih efisien dan efektif dibandingkan
dengan pesaing, dan
3)
aktivitas
ini memberikan dampak minimal pada perusakan lingkungan alam sehingga dapat
meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Manfaat
Green Marketing
1)
Menghasilkan
produk yang ramah lingkungan
2)
Para
produsen dan pemasang iklan mengembangkan produk yang mereka upayakan untuk
memenuhi keinginan masyarakat yang peduli akan lingkungan
3)
Inovasi
Kecintaan terhadap lingkungan
akan membuat perusahaan menjadi lebih inovatif, baik inovatif dalam input,
process, output, bahkan strategi marketing/pemasaran
Komponen-komponen
yang terdapat dalam Green marketing :
1.
Green
Consumer
Merupakan konsumen yang peduli
lingkungan hidup. Para pembeli (konsumen) yang dipengaruhi kepedulian
lingkungan hidup dalam pembelian suatu produk. Sebagai contoh : konsumen yang
peduli akan lingkungan hidup akan lebih menyukai pembelian minyak yang bebas
dari campuran timah. Tekanan-tekanan dari kelompok seperti Friends of the Earth
atau Greenpeace telah mendorong perusahaan-perusahaan untuk melakukan metode
produksi dan pembuangan limbah guna mengurangi tingkat pencemaran.
2.
Green
Consumersism
Dalam ilmu marketing dikatakan
bahwa penawaran itu ada karena adanya permintaan (hukum penawaran dan
permintaan). Begitupun dengan green marketing ada karena adanya green
consumers.Green Consumerism sendiri didefinisikan sebagai “The use of
individual consumer preference to promote less enviromentally damaging products
and services”(Smith, 1998).
3.
Green
Product
Green Product atau yang biasa
disebut dengan Produk yang berwawasan lingkungan adalah suatu produk yang
dirancang dan diproses dengan suatu cara untuk mengurangi efek-efek yang dapat
mencemari lingkungan, baik dalam produksi, pendistribusian dan
pengkonsumsiannya. Hal ini dapat dikaitkan dengan pemakaian bahan baku yang
dapat didaur ulang.
Tujuan
green marketing
Menurut
John Grant, 2007 tujuan green marketing dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu sebagai
berikut :
1) Green : bertujuan ke arah untuk berkomunikasi
bahwa merek atau perusahaan adalah peduli lingkungan hidup
2) Greener : bertujuan selain untuk komersialisasi
sebagai tujuan utama perusahaan, juga untuk mencapai tujuan yang berpengaruh
kepada lingkungan hidup. Perusahaan mencoba merubah gaya konsumen mengkonsumsi
atau memakai produk. Misalnya penghematan kertas, menggunakan kertas bekas
maupun kertas recycle. Menghemat air, listrik, penggunaan AC, dll
3) Greenest : perusahaan berusaha merubah budaya konsumen
ke arah yang lebih peduli lingkungan hidup.
Kendala
Green Marketing
Dalam
usaha mengaplikasikan konsep green marketing terdapat beberapa permasalahan
potensial yang bisa muncul menurut Polonsky (1994). Yaitu
1)
perusahaan
yang menggunakan green marketing harus yakin bahwa tindakan mereka tidak
menyesatkan konsumen dan industri, dan tidak melakukan pelanggaran terhadap
peraturan atau hukum yang berlaku pada pemasaran lingkungan
2)
perusahaan
saat memodifikasi produk sesuai permintaan ataupun persepsi konsumen, tapi ternyata
produk ini juga tidak lebih baik dari produk yang terdahulu karena konsumen
memiliki persepsi yang salah.
3)
peraturan
pemerintah yang didesign guna memberikan peluang kepada konsumen untuk membuat
keputusan yang lebih baik, atau memotivasi mereka untuk lebih bertanggungjawab
terhadap lingkungan hidup. Sangat sulit bagi perusahaan untuk dapat
menyesuaikan dengan seluruh isu lingkungan.
1.
Konsep Green Marketing
Menurut
Polonsky (1994) ada lima alasan bagi organisasi atau perusahaan untuk
menerapkan konsep green marketing. Yaitu sebagai berikut :
a.
Faktor
Peluang
Meningkatnya kesadaran konsumen
terhadap lingkungan alam menimbulkan perubahan dalam perilaku pembelian mereka.
Konsumen menjadi lebih sensitif dalam pemilihan produk yang akan mereka
konsumsi. Mereka akan memilih produk ramah lingkungan yang ditawarkan oleh
perusahaan.
Konsumen yang sangat menyadari
arti pentingnya lingkungan bahkan mau membeli pada harga premium, tentu saja
dengan tidak mengabaikan kualitas. Sehingga perusahaan menganggap hal ini
merupakan peluang yang baik untuk memenangkan persaingan dan mencapai tujuan
perusahaan. Sebagai contoh McDonald menukar kemasan masakan kerangnya dengan
kertas lilin (waxed paper) karena meningkatnya perhatian konsumen terhadap
produksi polisterin dan penipisan ozon.
Xerox memperkenalkan kertas
fotocopy berkualitas tinggi dari proses daur ulang untuk memenuhi keinginan
konsumen terhadap perusakan lingkungan yang seminimal mungkin. Perusahaan
pengalengan Tuna memodifikasi tekhnik penangkapan ikan mereka karena meningkatnya
perhatian masyarakat dan konsumen terhadap kematian lumba-lumba.
b.
Faktor
Tanggung Jawab Sosial
Banyak perusahaan yang mulai
menyadari bahwa mereka sendiri merupakan bagian dari komunitas yang luas dan
untuk itu mereka harus memiliki perhatian terhadap lingkungan. Mereka percaya
bahwa tujuan mereka untuk menjaga kelestarian lngkungan akan sejalan dengan
tujuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Sebagai hasilnya isu
lingkungan akan terintegrasi dengan budaya perusahaan secara keseluruhan.
Perusahaan dalam hal ini bisa memilih dua alternatif perspektif yang akan
digunakannyan. Pertama perusahaan mengkomunikasikan kepedulian mereka terhadap
lingkungan hidup kepada konsumen dan masyarakat sebagai alat pemasaran. Kedua
perusahaan bertanggung jawab pada lingkungan hidup tanpa mempromosikannya.
Sebagai contoh Bodyshop dengan gencar mempromosikan bahwa mereka
bertanggungjawab terhadap lingkungan dengan sedapat mungkin menggunakan sayuran
sebagai bahan dasar kosmetiknya dibandingkan penggunaan hewan, tidak menggunakan
binatang untuk menguji produk akhirnya, menghargai lingkungan, menggunakan
bahan dasar yang alami serta konsumen dapat membeli sesuai dengan kuantitas
yang mereka inginkan dan menggunakan kemasan isi ulang. Sementara Coca-cola
melakukan investasi dalam jumlah yang besar pada aktivitas daur ulang, dan
memodifikasi kemasannya untuk meminimalisasi dampak terhadap lingkungan tanpa
mengkomunikasikan dan menggunakanya sebagai alat pemasaran.
c.
Faktor
Tekanan Pemerintah
Sehubungan dengan seluruh
aktivitas pemasaran yang dilaksanakan perusahaan, pemerintah berusaha
melindungi konsumen dan masyarakat, melalui peraturan yang ditetapkan.
Peraturan pemerintah ini didesain untuk melindungi konsumen dengan jalan
mengurangi produksi produk yang merusak lingkungan, mengubah perilaku konsumen
dan industri dalam penggunaan atau mengkonsumsi produk yang merusak lingkungan,
dan meyakinkan konsumen kalau mereka memiliki kemampuan untuk menilai produk
terkait dengan pemeliharaan lingkungan hidup. Peraturan ini mengimplikasikan
penerapan konsep green marketing bagi perusahaan.
d.
Faktor
Persaingan
Alasan utama lainnya untuk
melaksanakan konsep green marketing adalah untuk menjaga posisi perusahaan
dalam persaingan. Perusahaan mulai melihat pesaing mempromosikan perilaku yang
ramah lingkungan, dan ini bisa membahayakan kedudukan perusahaan dalam
persaingan. Oleh sebab itu, perusahaan berusaha untuk menyamai atau bahkan
melebihi pesaing dalam menerapkan konsep green marketing. Dalam hal lain
tekanan persaingan menyebabkan beberapa perusahaan memodifikasi dan mengurangi
perilaku yang merusak lingkungan.
Faktor
Biaya atau Keuntungan
Perusahaan juga menggunakan
konsep green marketing untuk dapat mengurangi biaya dan atau meningkatkan
kemampuannya dalam menghasilkan laba. Perusahaan yang dapat mengurangi limbah
yang dihasilkan dari proses industrinya bisa menghemat biaya. Biasanya
minimalisasi produk sampingan dilakukan dengan jalan menguji kembali proses
produksi yang dilakukan. Hasilnya sering juga meningkatkan keefektifan proses produksi
itu sendiri. Sehingga terdapat penghematan biaya berganda yaitu mengurangi
limbah dan menghemat material.
Praktik
Green marketing Pada Perusahaan-perusahaan di Indonesia
a.
PT
Djarum Tanam Trembesi di sepanjang Pantura Jateng
Perusahaan rokok raksasa Djarum
menunjukkan kepeduliannya kepada lingkungan melalui Program Bhakti Lingkungan
Djarum Trees For Life Djarum Foundation. Program Djarum Tres For Life ini sudah
diselenggarakan sejak 1979 yang meliputi penanaman ribuan jenis tanaman peneduh
untuk pelestarian lingkungan, menciptakan keteduhan, melestarikan ekosistem
lokal, mencegah erosi tanah dan untuk membantu resapan air. Selama tahun 2010,
program Djarum Trees For Life menanam 2.767 pohon trembesi disepanjang jalur
Kudus-Semarang. Sementara pada 2011, program dilanjutkan untuk 7.300 pohon
trembesi disepanjang jalan Semarang-Losari. Program ini, kata Budi, akan terus
dilanjutkan “Sehingga sampai 2014 jalur Pantura Jawa Tengah spanjang 478 km
akan dipenuhi tanaman trembesi, dimulai dari losari diperbatasan Jawa Barat
hingga Buludi perbatasan Jawa Timur. Pohon trembesi yang ditanam dan dirawat
disepanjang jalur ini akan menyerap 685 juta kg gas CO2 setiap tahunnya,”
ujarnya.
b.
Pertamina
Menabung 100 juta pohon
c.
Visi
Eco-Positive Company Sharp
PT Sharp memiliki empat strategi,
pertama, melalui Eco-Positive Technology, yaitu
1)
mengembangkan
usaha baru dengan menciptakan teknologi yang unik (one-of-a-kind),
2)
Eco-Positive
Product, yaitu mengembangkan sekaligus melindungi lingkungan melalui prodik dan
jasa yang ramah. Lingkungan
3)
Eco-Positive
Operations, yaitu mengurangi dampak bagi lingkungan pada saat produksi di
pabrik yang ramah lingkungan,
4)
Eco-Positive
Relationships, yaitu meningkatkan nilai perusahaan melalui keterlibatan dengan
masyarakat. Dalam rangka mengimplementasikan Eco-Positive Product, Sharp
menghadirkan produk-produk yang hemat energi sekaligus ramah lingkungan.
Contohnya, lewat penggunaan produk panel surya (Photovoltaic) sebagai sumber
daya energi pada hotspot-wifi, yang disebut dengan Photovoltaic Tree. Produk
ini memungkinkan pengunjung suatu tempat dengan mudah mendapatkan akses sumber
energi listrik dan internet secara cuma-cuma dengan cara yang ramah lingkungan.
2
BalasHapusCome dicevo, siamo un foltissimo gruppo di risparmiatori truffati da incapace, delinquente, ladro, nazista, razzista, antisemita, sempre falso, vigliacchissimo, mega cocainomane, mandante di omicidi, mega ricicla soldi mafiosi ed azzera risparmi di una vita: Paolo Barrai del blog Mercato Libero, non per niente, nickato da tutti, nel mondo intero, come Merdato Libero. Innanzitutto scusate per il mio italiano non madre lingua un po' cosi' cosi'. Come dicono a Napule, ora mi haggia' proprio sfufa', scatena', a proposito del colletto criminalissimo Paolo Barrai nato a Milano il 28.6.1965. Facente sue continue truffe e mega ladrate da Via Ippodromo 105, Milano ( tel 02.4521842).
Ciao a tutti. Sono Antonella Cohen senior consultant di Goldman Sachs Londra e Milano e faccio parte di un foltissimo gruppo di clienti truffati dall'assolutamente criminale Paolo Barrai del blog Mercato "Merdato" Libero.
Costui è davvero uno spietato delinquente. A tutti noi, uniti ora in una associazione ” risparmiatori truffati dal criminalissimo Paolo Barrai di Mercato Libero ” e siamo gia’ in cinquanta, dico, cinquanta", di tutta Italia, Inghilterra, Usa, Germania e Svizzera!
Ci fece andare corti ( al ribasso) sul mercato azionario italiano a inizio marzo 2009. Abbiam perso quasi tutti tra il 50 e il 90 per cento dei nostri investimenti. E quando lo telefonavamo per chiedere semplicemente che fare, mentre il mercato saliva rapidissimamente, egli, come un vile ratto, scappava, si faceva sempre negare al telefono. Mandavamo e mails, nessuna risposta. Citofanavamo agli uffici di ultra truffatrice, ultra malavitosa, ultra ladrona Bsi Italia Srl di Via Socrate 26 a Milano di suo padre Vincenzo Barrai, ci vedeva dalla telecamera e nemmeno ci rispondeva.
Nemmeno ci apriva il cancello di entrata. Io non sto offendendo, sto dicendo la mera verità. E fra poco la faremo sapere a fior fior di Tribunali di mezza Italia. Che i delinquenti ti debbano fare fessa, e pure non permettano replica, no eeeee. Il neofascismo e la mafia del criminale, del delinquente, del ladro, del truffatore, del professionalmente incapacissimo Paolo Barrai di Mercato Libero alias Mer-d-ato Libero, a noi non fa nessuna paura. Una truffata dal malavitoso falso e vigliacco Paolo Barrai di Mercato Libero. Antonella di Milano. PS Mi ha bruciato 700.000 euro. Tutto quello che avevo. Ma a tanti altri ha bruciato 1,2, 3,10 milioni di euro. Facendo comprare il gas naturale a 5$ e passa, che in poche settimane crollava a 2$. Senza che lui prendesse telefonate, rispondesse ad emails. Senza dare indicazione alcuna a noi clienti terrorizzati! Come uno struzzo, che dalla paura e coscienza di essere incapacissimo a livello di fiuto per investimenti, mette la testa sotto la sabbia. il verme criminalissimo Paolo Barrai o verme criminalissimo Paolo Pietro Barrai ( come in maniera fake si fa chiamare per depistare i motori di ricerca su internet), oltre ad essere il peggiore consulente per investimenti borsistici o di qualsiasi altro tipo, ove inesorabilmente sbaglia sempre, ove mai, mai e ri mai ne azzecca mezza, è un irresponsabile, codardo, ladro, truffatore, criminale, sempre e stre sempre falsissimo. E mi dicono che ha pregressi, pure vari patteggiamenti di condanne al carcere. Aaaaaa, ad averlo saputo prima e non essermi fidata della Lega Nord, di cui son parte, e che mi ha messo in contatto con sto brucia tutti i risparmi e super truffatore. Ora mi son sfogata qui. Presto lo ri faró in fronte a polizia, carabinieri, magistrati, giudici! E con me, almeno altre 150 persone! Oooo!! Non cascateci, ne scrivo proprio per questo, via dal criminale, delinquente, ladro, truffatore, professionalmente incapace Paolo Barrai di Mercato Libero!
3
BalasHapusPS
GUARDATE ORA, PLS, COSA EMAIL AVA, LO STESSO CRIMINALISSIMO, PURE MANDANTE DI OMICIDI O 'RAFFINATE SUICIDATE", RAZZISTA, NAZISTA, MEGA LAVA CASH MAFIOSO E MEGA LAVA SOLDI POLITI-C-RIMINALI, PAOLO BARRAI, DOPO CHE UN GENIO BORSISTICO ED EROE CIVILE ANTI MAFIA E NAZIFASCISMO DI SILVIO BERLUSCONI, CHIAMATO MICHELE NISTA ( DI GRAN SUCCESSO A LONDRA), NON VOLLE AVERCI PIU' NULLA A CHE FARE, NELL'AGOSTO 2009, VENENDO A SAPERE CHE LO STESSO RICICLAVA SOLDI DI COSA NOSTRA, CAMORRA, NDRANGHETA, COME PURE SOLDI RUBATI DA LL, LEGA LADRONA ED EX PDL, POPOLO DI LADRONI!
Le seguente emails partirono tutte da sua malavitosissima mercatiliberi@gmail.com e malavitosissima paolobarrai@gmail.com. Ora affiancate da malavitosissima tanto quanto info@wmogroup.com
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" Oggi sono andato a pisciare sulla tomba di tuo padre, piu' tardi ci vado a cagare pure. Ha fatto bene Berlusconi a farlo ammazzare, ahahahah. Grazie per farti scroccare su euro, gas naturale e caffe robusta. Io sbaglio sempre nei mercati, ma grazie a te, riesco ancora a sopravvivere, ahahaha".
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
"Presto Berlusconi e il mio Bossi, manderanno sicari mafiosi o dei servizi segreti, a Londra, a farti sparare, ahahaha. Ti scrocchiamo e poi ti spariamo pure, come si fa con un ciupa ciupa usato, ahahah. L'Italia e' nostra, e' nazifascista. A morte gli ebrei. A noi!!!"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" Speriamo che ti venga una trombosi alla gamba, ho fatto un post di solidarieta' su di te, per fingermi corretto, in realta', non vedo l'ora che ti ammazzano. Voi bastardi ebrei, o amici di ebrei, dovrete tutti crepare soffrendo"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" Ti ho fatto infiltrare da Filati del Piemonte, da Angelo Pegli, da Gianluca Gualandri, da Stelvio Callimaci, sei pieno di mie spie. Io prendo un po' di prestanome, e ti infiltro. E intanto, faccio passare per mie, idee che sono tue. E fra poco ti faro' pure sparare a Londra, ahahahah. Crepa bastardo, chi lavora con gli ebrei, deve bruciare nei forni".
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" Stelvio Callimaci sta facendo un ottimo lavoro, mi passa tutti i tuoi inputs e io li faccio passare per miei, ahahahahaah; manda inputs, manda, e io vi faccio i soldi, ahahahah; presto ti spariamo in faccia, Nista comunista di merda, Berlusconi e Bossi non si criticano, si adorano, ahahahaha; noi della Lega, presto faremo migliaia di morti"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" bravo ottimi post continua cosi'.. presto ti spariamo in faccia... Nista, sei il primo della lista, la Lega spara, ammazza, non perdona, il mondo e' nostro, della destra... Paolo Barrai ammazza, la Lega ammazza, ahaha"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" sei troppo dolce
ti sta forse leccando il culo tua ma-re!!! hahahaha, vai vai vai....
ma non perdere lucidita'’ per i tuoi clienti....attendono impazienti gli inputs"
4
BalasHapusda criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" di infiltrati come stelvio e filati ne abbiamo tanti ahahaaaahaah, e presto ti verremo a trovare a Londra, io e l'assassino come me, Michele Milla di malavitosa Momentum Alternative Investments Massagno Svizzera, e come facemmo con Ubaldo Gaggio, ti ammazzeremo, ahaha"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" non correre...la gamba potrebbe non seguirti... Nista, presto saliremo a Londra e ti spareremo in bocca.... la mia Lega non perdona, la Lega uccide, ahhaha.. e' vero, abbiamo ammazzato noi Giorgio Panto e Paolo Alberti, perche' andarono con Prodi, e presto ammazzeremo anche a te, la Lega non perdona, la Lega ammazza tantissimo... ahaha"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" credo che stai per finire...ahahahaha.. fra poco ti spariamo in bocca, Nista bastardo, Nista primo della lista, anzi no...abbiamo bisogno dei tuoi articoli da esaltato.. ti diamo ancora 15 giorni e poi ti spariamo in faccia, la Lega ammazza, Bossi fa ammazzare, prepara il testamento, sei morto, ahah"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" mi dicono che a londra stanno predisponendo un forno .....e gli manca materiale!!! vi ficchiamo dentro te e William Levi... voglio un nuovo nazismo.. voglio vedere tutti gli ebrei e chi lavora con gli ebrei, come fai te, bruciare... evviva il nazismo.. evviva la Lega, che e' il nuovo nazismo, Berlusconi muove la mafia, noi i nazisti, ahahaha"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" buona trombosi.. Nista ti ammazziamo noi, se vuoi.. crepa presto o noi del Pdl e della Lega ti ammazziamo.. come gia' abbiamo fatto con tuo padre.. Berlusconi e Bossi ammazzano, e presto lo vedrai.. Heil Hitler, Heil Mussolini, Heil Bossi, Heil Berlusconi, Heil Barrai, ahahaha"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" ahahahahaha, presto ti spareremo in faccia...Nista sei morto, Nista ti ammazzeremo, Nista sei condannato a crepare... Nista, divieni Berlusconiano, come ti volevo fare diventare un anno fa, o ti ammazziamo, Nista morto, ahaah"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" grazie per la fantastica azzeccata su dow jones, gas naturale e per il tantissimo resto..
ahahahaha, vamos siamo forti!
non mi morire per strada!!!
come mi ha detto Don...non mi morire per strada...perche' fra poco salgo io a Londra, a scaricarti una p38 in bocca... Stefano Bassi de il Grande Bluff e io siamo assassini, terroristi neri, e presto ti ammazzeremo, ahahah"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" sempre nemici... ognuno persegue i suoi obbiettivi.... tanto tu sei condannato a morte... Berlusconi e Bossi han gia deciso: Nista come Falcone e Borsellino, Nista sparato in bocca, ahahaha"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" non ti deconcentro, scusa
devi preparar i report che cosi' ci dai gli inputs vincentissimi come sempre, scusami... dai impegnati, impegnati, che presto io, Berlusconi e Bossi, ti faremo sparare dritto in faccia, ahahaaaahaaa"
5
BalasHapusda criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" Marina Berlusconi ha gia' messo il pollice verso, Marina Berlusconi ti ha condannato a morte..ha gia' avvertito la mafia di eseguire, di ammazzarti.. e se non esegue la mafia, eseguono i servizi segreti di destra, fascisti come me, della Lega ... Nista sei un morto ormai, ahaaaahahah"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" ahahahah, passa ancora un po' di dritte che qui si fanno soldi a palate...lavora schiavo... lavora, che fra poco, Berlusconi e Bossi ti fanno sparare in bocca.. via nostre Mafia e Servizi Segreti.... non criticare mai piu' Berlusconi o ti ammazziamo, bastardo.. Berlusconi e Bossi non si criticano, si adorano.. il problema e' che Marina Berlusconi ha gia' ordinato di ammazzarti, e quella non perdona, la Lega e' il nuovo nazismo e tappa le bocche ammazzando, Nista, ormai sei morto, ahahahhah"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" salutami william levi ...lo sento bruciare...come legna sul fuoco....o meglio ...il suo cadavere puo' essere usato per il sapone, ahahahahah..presto sara' nuovo nazismo, e chiunque lavora con gli ebrei come fai te... diverra' legna per i forni, ahahahah"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" fammi qualche articolo come nel passato .....ti prego tantissimo. A natale ti regalo un forno crematorio per William... Nista, noi Berlusconiani siamo la mafia, e tu sei condannato a morte, cosi' impari a non divenire uno dei nostri, ahahahah"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" attento a chi incontri a londra....ahahahaah... dai, sei bravo, azzecchi sempre, e' vero, voglio scroccarti un po' di piu', prima di ammazzarti... Nista e Levi nei forni di Auschwitz, si, nei forni di Auschwitz, w la Lega, w il Nazismo"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" POVERO BASTARDO CHE SI PERMETTE DI ESSERE DI CENTROSINISTRA: PRESTO TI SCHIACCEREMO, LA LEGA UCCIDE, BERLUSCONI UCCIDE, IO, PAOLO BARRAI, UCCIDO, W LA LEGA, W IL NAZISMO, W LA MAFIA, E INTANTO TI SCROCCO SEMPRE"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" MI DICONO CHE DI NOTTE SULLA TOMBA DI TUO PADRE CI VANNO A CAGARE I VERMI... E ANCHE CHE PRESTO TI AMMAZZERANNO A LONDRA... FATTI SCROCCARE IN SILENZIO O IO E STEFANO BASSI DE IL GRANDE BLUFF TI FAREMO AMMAZZARE... ANCHE STEFANO BAGNOLI E' UN ASSASSINO COME NOI... NISTA, LA SENTENZA C'E', PRESTO TI AMMAZZEREMO, W IL NAZISMO, W IL PDL, W LA MAFIA, W LA LEGA, W LA CAMORRA, W LA SACRA CORONA UNITA, W LA MALA COLOMBIANA, W LA BERLUSCONIANISSIMA MALA RUSSA, W LA LEGHISTISSIMA NDRANGHETA, AHAHA"
---
da criminalissima mercatiliberi@gmail.com
(ora anche criminalissima info@wmogroup.com)
e criminalissima paolobarrai@gmail.com
" sei un bastardo che si permette l'impermettibile: essere di centrosinistra! e questo basta e avanza per essere sparato in faccia, la Lega uccide, Berlusconi uccide, io, Paolo Barrai, uccido, w la Lega, e il Nazismo, w Berlusconi, w la Mafia, a noi, sei morto, ahaaaaaahaaahaaaa"
Play online casino site
BalasHapusAll your favourite games from classic slots and progressive jackpot games to modern mobile and desktop. Casino site offers fast deposit options, instant payments, 카지노사이트luckclub Rating: 6.8/10 · Review by Lucky Club